SKRIPSI TEKNIK KOMPUTER

Aug 17, 2008   //   by admin   //   Uncategorized  //  1 Comment

“PERANCANGAN NETWORK DISKLESS BERBASIS LINUX MANDRAKE 8.2”

abstraks:

Fenomena yang banyak terjadi saat ini adalah banyak instansi atau perorangan yang ingin mendayagunakan komputernya meskipun kecepatan dan media penyimpanan minimum, tetapi komputer tersebut masih dapat dipergunakan dengan baik pada sebuah jaringan, baik untuk mengakses informasi local ataupun global. Salah satu pendayagunaan komputer tersebut dapat diimplementasikan dengan menghubungkan komputer tersebut kedalam sebuah jaringan, jaringan yang dimaksud adalah jaringan tanpa harddisk (Diksless) berbasis Linux.
Adapun tujuan dari penulisan ini yaitu :
Dengan Network Diskless biaya yang dikeluarkan sangat rendah dibandingkan menggunakan jaringan biasa.
Backup data terpusat di server.
Keamanan data terpusat di server.
Pemeliharaan dilakukan pada satu komputer, yaitu komputer server.
Mengoptimalkan sumber daya yang ada (komputer lama).

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

RANCANG BANGUN SISTEM PENGUKURAN SUHU RUANG BERBASISKAN MIKROKONTROLER AT89C52

ABSTRAK

Anangga Satria. 20101319
RANCANG BANGUN SISTEM PENGUKURAN SUHU RUANG BERBASISKAN MIKROKONTROLER AT89C52
Skripsi. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 2006
( x + 64 + Lampiran )

Dalam merancang sistem pengukuran suhu ruang berbasisikan mikrokontroler AT89C52 ini timbul beberapa masalah, antara lain mengenai bagaimana rancangan perangkat kerasnya, dan mengenai perancangan program yang berfungsi untuk menjalankan rangkaian sistem tersebut. Tujuan dari perancangan sistem ini adalah agar dapat membantu manusia mengetahui perubahan suhu suatu ruang. Pada intinya rangkaian sistem ini dirancang untuk mengubah perubahan suhu yang terjadi pada sebuah sensor menjadi nilai digital dan menampilkannya pada komputer dengan menggunakan ADC dan mikrokontroler dimana komunikasi antara alat dengan komputer dengan serial.. Dengan pengujian pada sistem yang telah dilakukan didapatkan bahwa sistem ini mampu menyimpan data pada memori alat sebanyak 192 alamat data. Ketika alamat yang diperuntukkan untuk menyimpan data telah penuh maka alat akan berhenti menyimpan data namun tetap menampilkan perubahan suhu yang terdeteksi oleh sensor suhu. Selain itu data pengukuran dapat disimpan pada komputer sebagai penyimpan data permanen. Data yang telah disimpan dapat dipanggil kembali dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Alat ini mampu mengukur suhu secara presisi mulai dari 26C – 100C, dengan toleransi kesalahan +0C – 2C. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat berfungsi dengan baik dan keluarannya sesuai dengan apa yang diharapkan dan sesuai dengan tujuan awal penelitian dan perancangan sistem ini.

Kata Kunci : Sensor Suhu, Perubahan Suhu ke Besaran Digital, Mikrokontroler AT89C52, ADC0804, Komunikasi Serial

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

SISTEM PENGAMAN RUMAH BERBASIS GENERAL PACKET RADIO SERVICE (GPRS) DAN IMAGE CAPTURING DGN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VB.06

ABSTRAK

Alat ini dibuat untuk memudahkan kita untuk mengontrol keamanan rumah apabila ditinggal dalam keadaan kosong media yang digunakan adalah Handphone, dengan memanfaatkan fasilitas MMS dan GPRS.
Alat ini terdiri dari satu kamera webcam, empat sensor yaitu satu sensor Suhu sebagai pengontrol suhu temperatur di dalam rumah, satu sensor PIR (Passive Infra Red) sebagai pendeteksi gerak gerik manusia yang ada di sekitarnya, tiga sensor Infra red untuk pintu depan, pintu belakang dan jendela, dan satu sensor Ultrasonik, jadi sensor PIR dan kamera webcam ditempatkan didepan rumah, apabila ada gerakan, maka sensor PIR akan mendeteksi gerakan tersebut dan selanjutnya mikro akan mengirim SMS dua kali melalui HP stasioner SMS yang pertama untuk pemberitahuan ke HP tujuan yang berupa teks “intruders” dan SMS yang kedua dikirim ke kamera digital berupa teks juga, yang mana pengiriman SMS ini sebagai pemberitahuan ke kamera untuk mengambil gambar situasi keadaan setelah kamera mengambil gambar, kemudian gambar tersebut akan dikirim ke HP tujuan melalui media MMS.
Kamera digital ini mempunyai sim-card di dalamnya sebagai sarana untuk mengirim SMS dan MMS. Kemudian untuk sensor switch ditaruh di dekat pintu dan jendela, jadi apabila pintu dan jendela kebuka maka mikro akan mengirim SMS ke HP tujuan yang berupa teks pemberitahuan yaitu “intruders”.
Mikrokontroler AT89S8252 sebagai basis pengontrolnya. Kemudian alat ini juga dapat mengambil gambar situasi setiap saat dengan meggunakan fasilitas SMS, yaitu dengan cara kita mengirim SMS ke kamera digital yang berupa teks yaitu (1)(spasi)(no hp tujuan).
Alat Pengendali keamanan berbasis Mikrokontroler ini akan bekerja sesuai dengan program yang ada. Kemudian Mikrokontroler akan mengirimkan SMS untuk memberikan status situasi. Dalam tugas akhir ini yang dibahas yaitu sistem keamanan rumah dengan fasilitas SMS dan MMS serta pengukuran alat dan pengujian alat.
Alat yang dirancang ini memiliki tiga sensor, satu buah mikrokontroler, dan satu buah kamera digital.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Perkembangan teknologi komunikasi saat ini berkembang sangat pesat, salah satunya adalah handphone. Dengan alat ini kita dapat berkomunikasi jarak jauh dengan mudah dan alat ini dapat dibawa kemana saja, karena bentuk dan ukurannya yang kecil. Selain itu, handphone juga memiliki beragam fasilitas, seperti, Short Message Service (SMS), Multimedia Message Service (MMS), General Packet Radio Service (GPRS), Kamera, Ringtones, dan lain sebagainya.

Monitoring Ruangan Menggunakan Kamera IP Dengan Bahasa Pemrograman PHP

abstraks:

Monitoring Room By Using IP Camera
With Personal Home Page ( PHP )

The main aim of this final report to Investigate the way of designing and making program to monitor a room by using IP camera with PHP so that we shall be able to increase security in a room that every event in that room can be recorded and replayed in order that system security can be maximized. The writer found a problem concerning the component of PHP which could connect the program in PHP with IP Camera. The writer wanted to know the way how to make a program that could control IP camera by using PHP. The data were collected though experiment, observation, and library research. The data were analyzed by using the theoretical framework developed by Lukmanul hakim (2004) and abdul kadir
( 2002 ). This study reveals that IP Camera is capable of monitoring room automatically with PHP. If someone is in the room, IP Camera will catch the image by showing it in PHP. Based on the findings,the writer concludes that we can monitor a room with PHP if our program is connected with IP camera. The writer suggests that IP camera should stand by every time for better security.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat suatu program untuk memonitor ruangan menggunakan kamera IP dengan PHP sehingga kita bisa meningkatkan kemamanan pada suatu ruangan yang di setiap kejadian dalam ruangan itu dapat direkam dan diputar ulang agar system keamanan yang ada dapat dimaksimalkan. Penulis mendapatkan permasalahan mengenai komponen PHP yang bisa menghubungkan program pada PHP dengan kamera IP. Penulis ingin mengetahui bagaimana cara membuat sebuah program yang dapat mengontrol kamera IP dengan menggunakan PHP. Metode yang digunakan adalah mengadakan percobaan, observasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan dasar teori Lukmanul Hakim (2004) and Abdul Kadir (2002). Program ini menunjukkan bahwa kamera IP dapat memonior ruangan secara otomatis dengan PHP. Jika ada seseorang di dalam ruangan, maka kamera IP akan menangkap gambarnya yang ditampilkannya melalui PHP. Berdasarkan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa kita bisa memonitor suatu ruangan dengan bahasa PHP jika program kita terhubung dengan kamera IP. Saran dari penulis bahwa kamera IP harus selalu aktif atau standby agar keamanan lebih terjamin.

BAB I
PENDAHULUAN

I. 1 Latar Belakang

Robot Pemadam Kebakaran

abstraks:

Robot Pemadam api merupakan robot yang dapat mencari keberadaan suatu titik api yang berada dalam suatu kamar dalam suatu ruangan. Robot ini digunakan sebagai robot pemadam kebakaran dengan mencari titik api yang nantinya pada akhir proses robot akan kembali ke posisi semula robot.
Pada penelitian kali ini, proses pembuatan robot dibagi menjadi dua, yaitu pada bagian mekanik dan perangkat lunak (software). Bagian mekanik terdiri atas rangkaian transmiter dan receiver dari sensor ultrasonic, sensor infra merah, fototransisitor, rangkaian operational amplifier (op-amp), rangkaian pembanding (comparator), dan rangkaian ADC (Analog to Digital Converter). Sedangkan bagian Perangkat lunak (software) yang kami rancang terdiri atas bagian sistem minimum yang nantinya akan dihubungkan atau digabungkan dengan mekanik dari robot serta perancangan program yang akan menjalankan robot tersebut.

Robot Pemadam api merupakan robot yang dapat mencari keberadaan suatu titik api yang berada dalam suatu kamar dalam suatu ruangan. Robot ini digunakan sebagai robot pemadam kebakaran dengan mencari titik api yang nantinya pada akhir proses robot akan kembali ke posisi semula robot.

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KOMUNIKASI SERIAL HANDPHONE DENGAN MIKRO SEBAGAI ALAT KONTROL JARAK JAUH

abstraks:

Teknologi remote control telah banyak dikembangkan dengan memanfaatkan berbagai media transmisi. Beberapa diantaranya adalah remote control dengan memanfaatkan media infra merah, gelombang radio, internet dan saluran telepon. Sistem remote control melalui saluran telepon memiliki keunggulan dalam hal jarak jangkauan dan kepraktisan dibanding media lainnya.

Hadirnya Telepon bergerak (seluler) atau handphone yang telah dikenal dan digunakan banyak orang, yang mampu melakukan komunikasi dimanapun mereka berada tanpa dibatasi oleh ruang dan rentang panjang kabel bisa menjadi solusi bagi kebutuhan pengendalian jarak jauh (remote control) seperti yang telah diuraikan diatas.

PERANCANGAN CD TUTORIAL PEMBELAJARAN INTERNET MENGGUNAKAN SOFTWARE CAMTASIA 4.0

ABSTRAK

Ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat cepatnya. Proses transfer ilmu dari satu ke generasi berlangsung dengan berbagai cara. Baik secara lisan maupun tulisan.
Tidak semua orang mampu menyerap ilmu pengetahuan dengan sempurna melalui proses secara tulisan. Oleh karena itu diperlukan cara – cara yang efektif dan efesien agar ilmu pengetahuan dapat diserap dengan sempurna. Salah satu caranya dengan menggunakan cd tutorial.
Sekarang telah banyak bermunculan aplikasi atau software yang menawarkan kemampuan untuk merekam kegiatan di komputer sehingga dapat digunakan sebagai cd tutorial.. Satu di antaranya, dan menurut penulis yang paling baik, adalah Camtasia Studio 4.0. Menggunakan Camtasia, seseorang dapat menerangkan ilmu pengetahuan secara audio visual kepada khalayak ramai. Tentu saja cara penyampaian seperti itu semakin memperjelas pengertian kepada orang –orang terhadap materi tersebut.
Cd tutorial pembelajaran internet ini adalah salah satu alat bantu di dalam pembelajaran mengenal internet sangat efektif dan efisien dan bersifat interaktif, sehingga membuat proses belajar lebih mudah dan sederhana.

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Perkembangan ilmu pengetahuan yang sedemikian cepatnya memaksa manusia untuk tetap mengupdate dirinya dengan hal – hal baru. Manusia yang memiliki kemampuan untuk berkembang membutuhkan cara – cara yang efektif dan efisien dalam mengupdate kemampuan dirinya. Salah satunya dengan belajar.

Leave a comment




HOSTING MURAH