SKRIPSI ILMU KOMPUTER

Aug 7, 2008   //   by joseph   //   Blog  //  9 Comments

PERANCANGAN WEB DINAMIS PADA LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPM) UNIVERSITAS NEGERI PADANG DENGAN MENGGUNAKAN SKRIP PHP

abstraks:

perancangan web ini yaitu memenuhi kebutuhan pemakai sistem/user mengenai gambaran yang jelas tentang rancangan sistem yang akan dibuat serta diimplementasikan. Perancangan sistem diharapkan dapat menghasilkan suatu laporan yang berisi tentang spesifikasi teknis dari bentuk-bentuk keluaran dan masukan, perangkat lunak dan keras yang berfungsi sebagai sarana pengolah data dan sekaligus penyaji informasi yang dibutuhkan.
Sesuai permasalahan di atas, pembahasan perancangan website ini bertujuan untuk menciptakan website yang menarik, cantik, rapi dan seimbang, sehingga enak dilihat dan mudah dibaca serta halaman tidak terlihat monoton dan membosankan.
PHP adalah bahasa scripting open source yang ditulis menggunakan sintaks bahasa C, Java dan Perl yang sederhana dan mudah dipelajari. PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor (Pengantar PHP, Abdul Kadir). Skript PHP menyatu dengan file HTML, dieksekusi dan bekerja di komputer server (server side). Secara khusus, PHP dirancang untuk membentuk web dinamis, artinya ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Misalnya dapat menampilkan isi database ke halaman web.
PHP pertama kali diperkenalkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 untuk keperluan dinamisasi web site pribadinya. Saat ini, PHP sudah berkembang seiring dengan sambutan komunitas open source di internet. PHP juga memenuhi kebutuhan bahasa scripting server side yang sederhana, kuat, dan memiliki konektivitas dengan beragam database server.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Pemilihan Judul
Istilah internet sudah tak asing lagi bagi masyarakat umum apalagi masyarakat pendidikan. Banyak kalangan bisnis, agen-agen pemerintah, universitas, organisasi komersil serta masyarakat umum yang memanfaatkan jasa internet untuk usaha mereka, karena dinilai lebih efesien dan murah dalam mendapatkan informasi global dan penyebaran informasi tentang instansi/perusahaan mereka.

Perbandingan Antara Metode Kohonen Neural Network Dengan Metode Learning Vector Quantization Pada Pengenalan Pola Tandatangan

abstraks:

Pengenalan pola tandatangan dimaksudkan agar komputer dapat mengenali tandatangan dengan cara mengkonversi gambar, baik yang dicetak ataupun ditulis tangan ke dalam kode. Metode yang dipilih dalam pengenalan pola tandatangan ini adalah metode pembelajaran Kohonen Neural Network(Kohonen) dan Learning Vector Quantization(LVQ).
Metode Kohonen mengambil bobot awal secara acak, kemudian bobot tersebut di-update hingga dapat mengklasifikasikan diri sejumlah kelas yang diinginkan. Pada metode LVQ bobot awal di-update dengan menggunakan pola-pola yang sudah ada. Dalam penelitian ini, diberikan hasil pengamatan dan perbandingan tentang tingkat keakuratan dan waktu yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran pada metode Kohonen dan LVQ menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 Enterprise Edition.
Adapun hasil yang didapat, metode LVQ memiliki rata-rata tingkat keakuratan yang lebih tinggi (93.80%) dari metode Kohonen (83.59%) dalam mengklasifikasikan tandatangan. Hal ini disebabkan proses update faktor pembobot yang menggunakan banyak pola untuk proses pelatihan dibandingkan metode Kohonen yang bobot awalnya diambil secara acak.
Proses pembelajaran menggunakan metode LVQ memerlukan waktu yang relatif lebih lama daripada metode Kohonen. Pada pembelajaran menggunakan pola dengan resolusi 100×100 metode LVQ membutuhkan waktu 7 detik, sedangkan metode Kohonen hanya memerlukan waktu 2 detik

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

WATERMARKING PADA CITRA DIGITAL

abstraks:

Saat ini media digital, seperti video, audio,dan gambar, telah menggantikan peran media analog dalam berbagai aplikasi.Keberhasilan dari penerapan media digital ini disebabkan karena beberapa kelebihan yang dimiliki media digital, seperti penyalinan yang sempurna, dan kemudahan untuk melakukan pengeditan. Di samping semua kelebihan yang dimiliki media digital seperti yang telah dipaparkan, terdapat kelemahan dari penggunaan media digital. Masalah terbesar adalah mengenai hak intelektual (hak cipta) dari suatu media digital.
Pada citra digital, mata tidak bisa membedakan apakah citra tersebut disisipi watermark atau tidak. Sehingga pada teknologi ini dikenal suatu persyaratan bahwa watermark haruslah imperceptible atau tidak terdeteksi oleh indera penglihatan (human visual system / HVS) atau indera pendengaran (human auditory system / HAS).
Watermarking adalah proses menambahkan kode secara permanen ke dalam data digital. Selain itu tidak merusak produk digital yang akan dilindungi, kode yang disisipkan harus memiliki ketahanan (robustness) dari berbagai pemrosesan lebih lanjut seperti pengubahan, transformasi geometri, kompresi, enskripsi dan sebagainya, sifat robustness berarti data Watermark tidak terhapus akibat pemprosesan lebih lanjut. Selama ini penggandaan atas produk digital tersebut dilakukan secara bebas dan leluasa. Pemegang hak cipta atas produk digital tersebut merasa dirugikan dari usaha penggandaan tersebut. Watermarking merupakan satu solusi untuk menangani masalah dampak negatif bagi usaha-usaha perlindungan hak cipta atas media digital

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Watermarking adalah proses menambahkan kode secara permanen ke dalam data digital. Selain itu tidak merusak produk digital yang akan dilindungi, kode yang disisipkan harus memiliki ketahanan (robustness) dari berbagai pemrosesan lebih lanjut seperti pengubahan, transformasi geometri, kompresi, enskripsi dan sebagainya, sifat robustness berarti data Watermark tidak terhapus akibat pemprosesan lebih lanjut.

APLIKASI ANALISIS RISIKO INVESTASI REKSADANA SAHAM INDONESIA

ABSTRACT

Aplication Risk Analysis Investment Indonesian Mutual Funds
With Sharpe Ratio and Treynor Ratio Method

By
Isra Afriani
05/190386/EPA/00580

Mutual Fund is a company collecting the society fund, furthermore investing in portofolio stock by Investment Manager. Based on investment instrument, mutual funds are divided into four parts, Money Market Funds, Taxable Bonds Funds, Common Stock Funds as soon as Stock and Bonds Funds. Mutual funds have various risk and return characteristic.
In this Research, the mutual funds which is selected is Common Stock Funds, because Common Stock Funds gives potential capital gain investment value, such as risk guaranteed. The Method of measuring a mutual funds in performance by using the risk and return, can use Sharpe Ratio and Treynor Ratio methods.
Aplication Risk Analysis Indonesian Mutual Funds measures the performance of mutual funds company using the monthly historical performance record from January 2004 until December 2006 with the historical rate IHSG and rate SBI. The result of historical performance for comparison Sharpe Ratio and Treynor Ratio sorted from high to low is Schroder Dana Prestasi Plus for Sharpe Ratio and TRIM Kapital for Treynor Ratio. Performance mutual funds can be camparison by average weight for stock based on Sharpe Ratio and Treynor Ratio methods.

Key Word : Mutual Funds, Visual Basic 6.0, Portofolio Return, Sharpe Ratio, Treynor Ratio

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan teknologi dan informasi memberikan dampak positif terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia, diantaranya mampu melakukan perhitungan yang berkaitan dengan investasi. Hal ini memberikan kemudahan kepada investor dalam melakukan analisis sesuai kebutuhannya.
Alternatif investasi yang menarik dengan tingkat risiko terukur dan memberikan tingkat return yang cukup tinggi dengan modal terbatas, yaitu reksa dana (mutual funds).

Analisis Sistem Informasi dalam Jasa Pengiriman Barang pada PT. ASPAC Dirgantara Padang

abstraks:

Perkembangan teknologi komputer yang semakin tinggi memungkinkan berbagai pembuatan aplikasi yang tidak mungkin sebelumnya. Hal ini memperluas pemanfaatan komputer. Komputer merupakan alat bantu manusia yang dewasa ini memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, bisnis, maupun teknologi. Dengan menggunakan sistem yang berbasis komputer akan memperoleh keuntungan seperti informasi yang dihasilkan semakin berkualitas dan tepat waktu, efisien, kinerja meningkat dan pelayanan pun lebih baik lagi. Dengan adanya perkembangan teknologi komputer maka perusahaan memakai teknologi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan informasi.
Barang atau benda adalah kebutuhan yang paling utama dan berbagai usaha dilakukan untuk memenuhinya. Usaha tersebut antara lain adalah melakukan jual beli, melakukan pertukaran barang, dan melakukan hubungan sosial yaitu dengan mengirim suatu barang oleh suatu individu, perusahaan dan kelompok sosial.
Melihat hal di atas timbul suatu persoalan atau masalah dalam alat yang akan melakukan pengiriman tersebut, maka dikenal suatu nama pengiriman paket. Paket terfokus pada masalah pengiriman barang makanan, pakaian atau barang tertentu.
PT. Aspak Dirgantara Padang merupakan salah satu perusahaan swasta yang melakukan proses pengiriman paket yang berbentuk barang. Seperti diketahui saat ini kemajuan teknologi meningkat membawa dampak kepada kehidupan, yang mana timbul suatu IPTEK yang menciptakan suatu data yang akurat, cepat, efektif dan efisian dalam pengiriman paket. Pada PT. Aspak Dirgantara Padang bersaing dengan yang lainnya untuk mendapat posisi pasar, yang mana sudah ada tapi belum optimal, sehingga diperlukan pengembangan.
Bertitik tolak dari masalah di atas maka diperlukan suatu pengolahan data yang lebih tepat dan cepat sampai ke penerima. Dalam pengiriman barang yang berbentuk paket dirasa perlu untuk mengembangkan dalam bentuk penulisan dengan judul “ANALISIS SISTEM INFORMASI DALAM JASA PENGIRIMAN BARANG PADA PT. ASPAC DIRGANTARA PADANG”

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Aplikasi Penyewaan Video Secara Online

abstraks:

With many new technological advances, the needs for computational processing in video rental business are indeed increasing. One of Oranje’s needs is to integrate all of rental data in all branches into one single system and database. Another reason behind the development of this application is to solve the problems faced by the current system which are performance degradation caused by the increased amount of video data and data complexity.
Online Video Rental Application, the solution for the above problems, is a web based application which is designed with client-server architecture to handle the process of storing video data. It has many advantages such as online rental processing, integrated rental system between branches, as well as automatic report generation.
The system is built under Java technology using JSP as the frond end, J2SDK1.4 as a Java compiler that produces JavaBean and MySQL Server for database. In order to build a web based system in a Java programming environment, JSP is used.
Finally, the system has managed to overcome the online rental data monitoring and storing difficulties as well as offering many advantages such as faster and more accurate report generating, online access to change/request status, and automatic email notification. The system as a whole has increased the performance of data processing significantly compared to the current system. Now, with this new system a member from one of the branch of this rental can be recognized as member of Oranje Video Rental in all branches, with this integrated system, the member can borrow some video and returned them in all Oranje’s branches.
References: 21 (1994 – 2003)

1.1. Latar Belakang
Oranje Video Rental merupakan salah satu badan usaha yang melakukan kegiatan usaha dibidang penyewaan dan penjualan video. Dalam melakukan kegiatan operasional sehari-harinya mulai dari proses pendaftaran member rental, pengelolaan, pencatatan, sampai dengan pembayaran transaksi penyewaan Video sudah dilakukan secara komputerisasi. Sistem inilah yang telah dipakai selama hampir setahun dan telah menunjang aktifitas pengelolaan data member dan video yang diperlukan bagi pihak manajemen untuk bisa memberikan informasi bisnis rental yang sedang berjalan.

ANALISIS IMPLEMENTASI SINGLE SIGN ON JOSSO DENGAN CREDENTIAL STORE MENGGUNAKAN SISTEM DIREKTORI DAN SISTEM DATABASE PADA I

abstraks:

ANALISIS IMPLEMENTASI SINGLE SIGN ON JOSSO DENGAN CREDENTIAL STORE MENGGUNAKAN SISTEM DIREKTORI DAN SISTEM DATABASE PADA INTEGRASI SISTEM UPORTAL DAN SISTEM EMAIL

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecepatan akses sistem single sign on dengan menggunakan credential store sistem direktori dan sistem database. Pengujian dilakukan dengan menggunakan web stress test “openload” yang dibagi dua tahap; tahap pertama, masing-masing sistem diberikan data credential sebanyak 1.000 dan 10.000 record dan diuji koneksi tanpa ada batasan koneksi. Kemudian tahap kedua, masing-masing sistem diberikan data credential sebanyak 10.000 dan kemudian diuji koneksi dengan batasan bandwidth 128 kbps, 512 kbps dan 1024 kbps. Pada pengujian pertama tidak menunjukkan perbedaan kecepatan akses yang signifikan, namun pada pengujian kedua, terlihat perbedaan yang signifikan antara kedua sistem. Sistem yang terbaik adalah sistem yang menggunakan credential store sistem database.

Bab I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi komputer dewasa ini sangat pesat, terlebih lagi ketika ditemukannya teknologi jaringan komputer dan internet. Kebutuhan akan layanan komunikasi data semakin banyak karena semakin banyak pula yang dapat terpenuhi dengan adanya teknologi ini. Seiring dengan perkembangan internet, banyak dibangun sistem yang bersifat real-time dan online, yang memungkinkan seseorang dapat mengaksesnya dari mana saja dan mendapatkan informasi terkini.

IMPLEMENTASI JAVA MEDIA FRAMEWORK API PADA MULTIMEDIA STREAMING

abstraks:

Implementasi ini menggunakan JMF(Java Media Framework) API 2.1.1 e serta sebuah webcam yang digunakan sebagai sistem broadcast. idenya adalah gambar yang ditangkap webcam akan ditransmit ke klien yang membutuhkan. pada softwarenya juga terdapat opsi untuk menentuka kualitas gambar dan suara yang di transmit tergantung bandwidth yang tersedia.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Sekarang ini perkembangan dunia Teknologi Informasi (TI) telah berkembang pesat salah satunya dalam hal bahasa pemrograman. Ada beberapa bahasa pemrograman, salah satunya adalah Java yang sudah tidak di ragukan lagi perannya dalam perkembangan TI.

Sistem Informasi Service Kenderaan

abstraks:

Perkembangan teknologi komputer dan teknologi dan ilmu pengetahuan dimasa sekarang ini sangant cepat seiring dengan penemuan-penemuan baru yang berguna dalam mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan tersebut sangat mempengaruhi kinerja dari setiap perusahaan dalam mengantisipasi dan menangani segala permasalahan-permasalahan yang timbul dan mencari solusinya.
Menurut perkembangan sistem informasi yang sedang berkembang saat sekarang ini, PT.CAPELLA sebagai perusahaan yang bergerak dalam kegiatan service dan perawatan mobil, sangat membutuhkan sistem informasi yang berbasis komputer yang dapat membantu memproses pengolahan data dan menjadikannya sebagai informasi yang berguna.
Untuk itu penulis mencoba merancang suatu sistem informasi berbasis komputer pada PT.CAPELLA medan dengan maksud dapat membantu dalam hal menangani permasalahan-permasalahan service dan perawatan mobil. Sistem yang dirancang ini dapat menjadi media penginputan data-data di PT.CAPELLA medan khususnya data-data pada sistem informasi service mobil. Yaitu data mobil, data service , data bayar. Selain dari penginputan data, juga dapat menghasilkan output sebagai laporan-laporan yang dibutuhkan oleh PT.CAPELLA medan dalam hal service dan perawatan mobil, yaitu laporan data mobil, laporan data service dan laporan data pembayaran.

BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang Masalah.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan dewasa ini berkembang sangat pesat dan perkembangan itu berlaku untuk bidang apa pun juga. Salah satu pokok dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu adalah komputer. komputer diciptakan tidak lain membantu manusia dalam menyelesaikan masalah yang rumit menjadi lebih mudah. Penggunaan komputer sekarang ini telah banyak digunakan oleh berbagai instansi pemerintah maupun swasta.

Sistem Informasi Keuangan di APEI (Asosiasi Profesionalis Elektrikal Indonesia) Jawa Tengah dalam Jaringan Berbasis Wireless Lan

ABSTRAK

Laporan Tugas Akhir dengan judul “ Sistem Informasi Keuangan di APEI ( Asosiasi Profesionalis Elektrikal Indonesia) Jawa Tengah dalam Jaringan Berbasis Wireless Lan” ini telah diselesaikan pada bulan Juli 2006.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengimplementasikan suatu sistem informasi keuangan berbasis komputer yang dapat diandalkan, sehingga mampu menghasilkan informasi-informasi dan laporan-laporan yang lebih cepat, akurat dan relevan dengan kebutuhan.
Sumber dan jenis data yang digunakan diperoleh melalui studi lapangan dan studi kepustakaan. Diantaranya dengan melakukan observasi dan interview langsung pada obyek penelitian serta ditunjang dengan literatur-literatur yang sesuai. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif.Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, ditemukan kendala-kendala dari sistem yang saat ini sedang berjalan, antara lain : keterlambatan penyampaian laporan dan informasi, seringnya terjadi kesalahan terhadap hasil pekerjaan, sulitnya mencari data yang masih diorganisir secara manual, waktu kerja yang berlebihan sebagai akibat dari proses yang tumpang tindih dan berulang-ulang, dan sebagainya. Keadaan seperti inilah yang mendorong penulis untuk membuat suatu sistem informasi pengelolaan data, khususnya pengelolaan data keuangan yang diawali dengan pengeluaran dan pemasukan dana. Sehingga sistem informasi ini nantinya diharapkan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan diatas dan mengantisipasinya.

Kata Kunci : Sistem Informasi Keuangan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Prototype Sistem Pengendali Peralatan Elektronik dan Monitoring Keamanan Gedung dari Bahaya Pencurian

abstraks:

Prototype Sistem Pengendali Peralatan Elektronik dan Monitoring Keamanan Gedung dari Bahaya Pencurian

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Penulisian Ilmiah dengan Judul ” PEMBUATAN WEB DENGAN INTERFACE YANG MENARIK DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH”

abstraks:

Website ini berisi tentang jasa persewaan helicopter, isi dari website ini hanyalah merupakan suatu gambaran saja. Karena tujuan utama penulis bukanlah memberikan jasa persewaan helicopter yang sebenarnya, tetapi hanyalah memberikan gambaran penyajian pada sebuah website dengan interface yang menarik yang berisi tentang jasa persewaan helicopter.
Interface yang menarik sangat dibutuhkan pada suatu website, karena dengan interface yang menarik suatu website akan menjadi kegemaran para pengunjung atau dengan kata lain pengunjung akan senang untuk mengunjunginya.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

MEMBANGUN JARINGAN PC CLONING MENGGUNAKAN SOFTWARE WINCONNECT

A B S T R A K

Dengan berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, telah memberi pengaruh yang signifikan bagi pengolahan data. Data dari satu ter¬minal sumber dapat ditransfer ke terminal lain melalui media transmisi. Transfer data dengan menggunakan transmisi elektronik biasa disebut dengan istilah komunikasi data ( data communication ) Dari sinilah berkembang teknologi yang disebut sebagai jaringan komputer.

PC Cloning, merupakan suatu konsep jaringan komputer yang menekankan pada proses komputasi disisi server dan sisi client yang berkinerja seminimal mungkin. Dengan PC Cloning, sisi client yang memiliki spesifikasi rendah dapat menjalankan semua aplikasi yang diinstal di server tanpa harus menginstal aplikasi yang bersangkutan di sisi client.
Skripsi ini membahas langkah-langkah penginstalan PC Cloning seperti instalasi software, konfigurasi sistem dan penerapannya dengan menggunakan software pihak ketiga yaitu Winconnect.

LANDASAN TEORITIS

Defenisi Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin “computare” yang berarti menghitung. Dalam bahasa Inggrisnya “to compute”. Dengan demikian, maka definisi komputer dapat diartikan sebagai alat hitung.
Ditinjau dari segi elektronis dan logika, peralatan komputer dijalankan dan dikendalikan oleh komputer “penggerak elektronik” sehingga komputer tersebut memiliki kemampuan untuk menerima data, mengolah data dan kemudian memberikan hasil dari pengolahan data tersebut berupa data output.

IMT-2000 sebagai layanan telekomunikasi bergerak generasi ketiga

abstraks:

Permintaan untuk layanan komunikasi bergerak pada saat ini semakin lama dirasakan semakin bertambah Untuk dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pengguna dimasa yang akan datang yang semakin berkembang, diperlukan sebuah standar global dalam bidang komunikasi bergerak. Saat ini spesifikasi dan standar bagi generasi ketiga dari teknologi wireless dikenal sebagai International Mobile Telecommunication-2000 (IMT-2000).
IMT-2000 yang akan memiliki bit rate 2 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2 GHz nantinya diharapkan akan menjadi sistem yang dapat memenuhi layanan komunikasi bergerak pada tahun-tahun mendatang. Dalam Tugas Akhir ini akan dibahas mengenai keunggulan dan kekurangan sistem IMT-2000 dari sistem generasi kedua.

I.1. Latar Belakang Pemilihan Judul
Sekarang ini kebutuhan untuk berkomunikasi menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan bagi setiap orang. Kebutuhan akan pelayanan telekomunikasi akan semakin meningkat dikarenakan tuntutan kebutuhan pengguna dimasa depan yang semakin meningkat pula, namun yang pasti kebutuhan fasilitas suara masih merupakan kebutuhan yang utama bagi para pengguna jasa telekomunikasi.

MEMBANGUN APLIKASI LAYANAN PENGIRIMAN E-MAIL TO SMS DAN SMS TO E-MAIL BERBASIS SMS GATEWAY

abstraks:

Telephone technology cellular which can facilitate someone to communicate with others is it doesn’t matter to stays; one of facility from telephone cellular which many used to be the existing is SMS (Sort Message Service). The thing is enabled by various excellences and benefit owned by it, between it is excellence from the angle of expense and amenity its use in everyday life.
Development of telecommunications technology enables people to send and receives information from all over world. Through Internet network all information obtainable easily. One of technology that is very often applied that is electronic mail delivery (e-mail) what enables someone to send data from far place and didn’t take much time and cost which relative cheap.
Connects technology SMS and Email can facilitate someone in delivering and receiving Email.

Key Word: SMS(sort Message Service), Email (Electronic Mail),

SEMUA FILE TELAH DI UPLOAD DALAM BENTUK .DOC DAN DAPAT DI GUNAKAN DENGAN SEPERLUNYA ATAU UNTUK CONTOH PEMBUATAN SKRIPSI YANG AKAN ANDA BUAT SESUAI DENGAN JUDUL SKRIPSI DIATAS

Teknologi telepon seluler yang dapat memudahkan seseorang berkomunikasi dengan orang lain dimanapun berada, Salah satu fasilitas dari telepon seluler yang banyak dipakai saat ini adalah SMS (Sort Message Service). Hal tersebut dimungkinkan karena berbagai keunggulan dan manfaat yang dimilikinya, diantaranya adalah keunggulan dari segi biaya dan kemudahan penggunaannya di dalam kehidupan sehari-hari.

jaringan VPN

abstraks:

Intranet menjadi sebuah komponen penting dalam sistem informasi perusahaan saat ini. Sebuah intranet adalah sebuah jaringan internal pada perusahaan yang menggunakan teknologi internet untuk komunikasi dan pembagian informasi. Akses internet saat ini juga sudah menjadi kebutuhan rutin bagi hampir sebagian besar perusahaan Internet yang memberikan suatu fenomena tersendiri bagi perusahaanperusahaan. Tingginya tingkat kebutuhan akan bisnis secara virtual dan elektronis serta akses internet ini mendorong kebutuhan akan bandwidth dan layanan yang lebih baik lagi dibandingkan yang sudah ada sekarang ini. Sehingga pelaku bisnis berusaha mencari layanan komunikasi yang handal, fleksibel, cepat, dengan harga yang murah untuk berbagai keperluan aplikasi yang mereka butuhkan.

Proposal
Tugas Akhir
Virtual Private Network
[VPN]

Diajukan untuk memenuhi syarat penyusunan
Tugas Akhir

Oleh

Bambang Wahyu Budiono
05 09 2001

PROGRAM STUDI
TEKNIK KOMPUTER
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI
POLITEKNIK NEGERI PADANG
2008
1. Latar Belakang

PENGGUNAAN ANALISIS SWOT DAN ANALISIS AHP UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN

abstraks:

CV. Pusat Pengolahan Kelapa terpadu adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang kecantikan, kesehatan, kerajinan. Yang bahan bakunya bersal dari minyak kelapa dan serabut serta batok kelapa. Perusahaan harus terus dapat eksis haruslah mempunyai strategi pemasaran yang tepat dan pas guna peningkatan pemasaran perusahaan dalam bidang pengembangan produk, permasalahan yang dihadapi adalah adanya persaingan bisnis yang ketat di pasaran dan belum adanya strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan persaingan di pasaran.
Menghadapi permasalahan tersebut maka perusahaan perlu merencanakan strategi pemasaran yang tepat beserta program-program kerjanya sehingga dapat mengantisipasi terhadap ancaman atau peluang yang akan muncul baik dari lingkungan internal maupun eksternal.

Persaingan didunia bisnis saat ini semakin meningkat dengan ketat, barang dan jasa yang ada di pasaran bisa memiliki keseragaman antara produk yang satu dengan produk yang lain. Hal ini dapat terjadi karena suatu produk yang sukses di pasar akan segera diikuti oleh para pesaing dengan menghasilkan produk yang sejenis dengan produk yang sukses tersebut, maka perlu adanya peningkatan didalam strategi pemasaran perusahaan agar tetap eksis di pasaran.

konversi mpeg ke wav dengan metode circle-down

abstraks:

annaconda

The Smallholder Rainfed Highland Farming Systems in steep and highland areas contain an agricultural population of more than 500 million. In most cases these are diversified mixed crop-livestock systems, which were traditionally oriented to subsistence and sustainable resource management. However, these days they are characterised by intense population pressure on the resources base, which is often quite poor – averaging 3.5 persons per cultivated ha, aggravated by heavy grazing pressure on the four-fifths of the land which is not cultivated.

Sistem Keamanan email

abstraks:

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
E-mail sudah digunakan orang sejak awal terbentuknya internet pada sekitar tahun 1969 dan merupakan salah satu fasilitas yang ada pada saat itu. Sesuai dengan perkembangan internet, penggunaan email ini juga semakin membesar walaupun pada saat ini persentasinya sudah turun karena adanya sebuah fasilitas baru di internet yang dikenal sebagai Web. Salah satu alasan kenapa email dipakai orang karena memberikan cara yang mudah dan cepat dalam mengirimkan sebuah informasi. Selain itu dengan email dapat juga informasi yang ukurannya kecil sampai ke file yang ukurannya besar.

Kerahasiaan email terancam bukan oleh para hacker, melainkan para system administrator sendiri. Para system administrator terkadang bosan tidak tahu apa yang harus dikerjakan selain membaca-baca email orang. Mereka dapat melakukannya tanpa sedikit pun meninggalkan jejak. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengenkripsi email anda. GNU Privacy Guard (GnuPG, atau GPG) adalah sistem enkripsi key public. Program ini di instal pada semua mesin DICE Linux.

Web Dinamis Untuk Penjualan Furniture Antik pada PT.Barat Art Furniture Solo

ABSTRAK

Dunia bisnis dan perdagangan di Indonesia semakin lama semakin berkembang, terlebih lagi dengan era globalisasi yang akan dimasuki baik lingkup regional maupun internasional. Efisiensi dan efektifitas dalam suatu bisnis mutlak menjadi basis daya saing yang tinggi, dengan demikian perdagangan yang masih menggunakan cara konvensional tidak dapat bersaing, salah satu cara untuk memenuhi tingkat efisiensi dan efektivitas tersebut adalah penerapan sebuah konsep pertukaran informasi dan data yang dikenal dengan nama electronic commerce ke dalam sebuah sistem aplikasi berbasis web.
Pelaksanaan Tugas Akhir ini telah membangun web dinamis untuk penjualan furniture pada PT. Barata Art Furniture, dimaksudkan untuk membuka pasar baru di dunia maya dengan tujuan untuk memperluas jangkauan pemasaran sehingga dapat meningkatkan angka penjualan. Dengan sistem ini pengguna dimana saja diseluruh pelosok dunia dapat melakukan pembelian secara online lewat sebuah halaman web kapan saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
Dalam pembangunan sistem ini penulis memakai perangkat lunak yang berhubungan dengan pembuatan web, yaitu : Drumbeat ASP 2000, ODBC (Open Database Connectivity), ASP (Active Server Pages), PWS (Personal Web Server), dan HTML (Hypertext Markup Language) sebagai bahasa pemrograman, Microsoft Access sebagai databasenya, untuk menampilkan program tersebut menggunakan browser internet ekplorer yang terdapat pada Microsoft.

ABSTRAK

Dunia bisnis dan perdagangan di Indonesia semakin lama semakin berkembang, terlebih lagi dengan era globalisasi yang akan dimasuki baik lingkup regional maupun internasional. Efisiensi dan efektifitas dalam suatu bisnis mutlak menjadi basis daya saing yang tinggi, dengan demikian perdagangan yang masih menggunakan cara konvensional tidak dapat bersaing, salah satu cara untuk memenuhi tingkat efisiensi dan efektivitas tersebut adalah penerapan sebuah konsep pertukaran informasi dan data yang dikenal dengan nama electronic commerce ke dalam sebuah sistem aplikasi berbasis web.

PENGEMBANGAN SISTEM DIAGNOSTIK KESEHATAN IBU TERHADAP JANIN SELAMA KEHAMILAN BERBASISKAN FUZZY

abstraks:

merancang suatu sistem diagnostik untuk kesehatan ibu terhadap janin selama kehamilan dan mampu menjembatani dalam hal pertukaran informasi kesehatan antara pengguna dengan sumber sehingga dapat digunakan tanpa ada rasa sungkan/segan.

Semua calon orangtua menginginkan agar anaknya sehat dan normal ketika dilahirkan. Walaupun demikian 3% bayi dilahirkan dengan cacat bawaan yang serius karena berbagai faktor (Sloane, 1997).

RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KONTROL BARANG PADA SISTEM KERJA KONTRAKTOR MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

abstraks:

Produktivitas dalam dunia kerja menjadi tolak ukur dalam penyelesaian suatu pekerjaan. Oleh karena itu dibutuhkan sistem kerja yang dapat menunjang pencapaian produktivitas yang diinginkan. Sistem kerja ini dapat dibuat berdasarkan human base ataupun machine base (sistem komputerisasi). Akan tetapi dengan berkembangnya tekhnologi pada zaman sekarang ini sistem kerja berdasarkan human base sudah mulai ditinggalkan. Selain itu keterbatasan manusia untuk menjaga konsistensi dalam pengambilan keputusan yang tepat tanpa dipengaruhi oleh aspek fisik dan mental menjadikan sistem komputerisasi dianggap sebagai alternatif terbaik untuk mengurangi kesalahan manusia (human error) dalam menciptakan efesiensi dan efektifitas yang diharapkan. Sistem komputerisasi juga menawarkan perhitungan yang lebih valid dan cepat melalui algoritma program yang terstruktur dan sistematis serta memberikan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah baik secara kualitas maupun kuantitas.
Pihak-pihak yang berkepentingan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam suatu sistem kerja diharapkan dapat dengan mudah melakukan identifikasi, formulasi dan analisis terhadap kelangsungan suatu sistem kerja. Kemudahan-kemudahan ini bertujuan membuat kemampuan manajemen lebih optimal.

Bab 1 PENDAHULUAN
Bab 2 TINJAUAN PUSTAKA
Bab 3 METODOLOGI PENELITIAN
Bab 4 RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
Bab 5 HASIL DAN PEMBAHASAAN
Bab 6 KESIMPULAN DAN SARAN

Daftar Tabel
LAMPIRAN LISTING PROGRAM
LEMBAR PENGESAHAN
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN 1 ( Laporan Perancangan)

1.1 Latar Belakang

instalasi internat wireless menggunakan antena kaleng

abstraks:

Bahan:
1. 1 konektor chassis mount N-female
2. 4 pasang mur dan baut, atau sesuai kebutuhan
3. kabel tembaga 12 gauge secukupnya
4. 1 kaleng, diameter yang disarankan adalah 3 inchi atau 3 2/3 inchi

Bahan Tambahan
1. Kabel ‘pigtail’ (dengan konektor N-Male)
2. Kartu Wireles yang dapat dihubungkan ke ‘pigtail’

Perlengkapan:
1. Bor untuk melubangi kaleng, dapat diganti dengan palu dan paku
2. Solder

Cara Membuat:
1. Pilih kaleng yang ingin digunakan. Buka satu sisinya, habiskan isinya, cuci bersih termasuk labelnya.
2. Buat lubang di sisi kaleng anda. Usahakan agar lubang tepat dengan
3. ukuran konektornya.
4. Jarak lubang dari dasar kaleng tergantung diameter kaleng. Gunakan perhitungan di angka Lg/4 adalah jarak lubang dari dasar kaleng. Perhatikan bahwa angka ¾ Lg adalah tinggi kaleng yang diinginkan Pasang kabel pada konektor, gunakan solder.
5. Usahakan panjang kabel yang keluar dari konektor ke dalam kaleng mendekati 1.21 inchi. Sekarang pasang konektor N-female itu, pada lubang yang ada. Gunakan mur dan baut seperlunya, sebaiknya sisi yang dipasang mur menghadap keluar kaleng.
6. Hubungkan N-Male pada kabel ‘pigtail’ ke konektor N-Female
7. Hubungkan ‘pigtail’pada kartu wireles.
8. Antena siap digunakan, arahkan bagian terbuka pada ‘teman’ anda.

Bahan:
1. 1 konektor chassis mount N-female
2. 4 pasang mur dan baut, atau sesuai kebutuhan
3. kabel tembaga 12 gauge secukupnya
4. 1 kaleng, diameter yang disarankan adalah 3 inchi atau 3 2/3 inchi

Bahan Tambahan
1. Kabel ‘pigtail’ (dengan konektor N-Male)
2. Kartu Wireles yang dapat dihubungkan ke ‘pigtail’

Perlengkapan:
1. Bor untuk melubangi kaleng, dapat diganti dengan palu dan paku
2. Solder

Cara Membuat:
1. Pilih kaleng yang ingin digunakan. Buka satu sisinya, habiskan isinya, cuci bersih termasuk labelnya.

KOMPUTERISASI PENYEWAAN VCD FILM DI GAJAH DISCK YOGYAKARTA

abstraks:

Pengolahan data peminjaman vcd di persewaan Gajag Disc masih dilakukan secara manual, sehingga informasi yang dibutuhkan oleh pemakainya terasa lambat. Untuk mengatasi masalah lambatnya informasi tersebut, maka pihak persewan menginginkan diadakannya komputerisasi data peminjaman. Adapun data peminjaman yang pengolahannya akan dikomputerisasikan meliputi data karyawan, data cd, data pinjam, data peminjam, data kembali, data denda dan data rusak atau hilang. Sehingga pelayanan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini kebutuhan akan sarana hiburan semakin meningkat, salah satu bidang usaha yang mengelola sarana hiburan berupa persewaan vcd di Yogyakarta adalah Persewaan VCD Film di Gajah Disc Yogyakarta. Dengan meningkatnya konsumen yang membutuhkan pelayanan peminjaman vcd, maka makin banyak pula permasalahan yang timbul didalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Karen system pelayanan yang diberikn oleh pihak pengelola sebagian besar dilakukan secara manual, sudah tentu cara tersebut tidak efisien baik dari segi tenaga maupun waktu.

PERANCANGAN DATA WAREHOUSE DALAM PENGOLAHAN DATA TRANSAKSI FRONT-OFFICE DI PT. BANK X

ABSTRAK

Perkembangan Teknologi Informasi memberikan imbas yang sangat besar terhadap berbagai aspek kehidupan. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan menjadikan persaingan diantara aspek kehidupan menjadi kompetitif. Penerapan teknologi informasi dalam pengolahan data menjadi sebuah kebutuhan mendasar, tidak berlebihan jika dikatakan komputer merupakan kebutuhan primer untuk mendukung sistem pengolahan data dalam suatu perusahaan. Data yang diolah secara benar akan menjadi salah satu sumber informasi untuk menentukan langkah kerja yang lebih baik.
Data warehouse merupakan konsep dalam mengorganisasi data dari berbagai sumber data yang ada untuk keperluan analisis data. Data yang bersifat operasional berubah menjadi data yang bersifat informasional. Teknik pemodelan data secara dimensional mendukung proses analisis data atau dikenal dengan Online Analytical Processing (OLAP). Hasil pengumpulan dan analisis data ini diimplementasikan dalam bentuk program aplikasi perancangan data warehouse dalam pengolahan data aplikasi front-office, sehingga penyediaan informasi bagi para pengambil keputusan dapat lebih efektif dan efisien.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Teknologi Informasi sekarang ini sangat dibutuhkan dalam banyak bidang, contohnya dalam sebuah perusahaan, Teknologi informasi dibutuhkan dalam mengolah, mengumpulkan dan menganalisa data, sehingga teknologi informasi sangat berperan penting dalam menganalisa hasil dan menentukan rencana kerja suatu perusahan.

perancangan dan implementasi sistem jaringan wlan berbasis server

abstraks:

perancangan sistem jaringan wlan berbasis server

kebutuhan akan informasi komunikasi sangat penting saat ini.Seiring dengan kemajuan tekhnologi informasi yang semakin canggih dengan perkembangannya yang semakin cepat tekhnologi yang berkembang sangat pesat saat ini adalah jaringan. untuk itu maka dibuat sebuah tulisan yang mungkin dapat menjawab sebuah pertanyaaan besar diatas. dalam dunia pendidikan sebuah sistem penunjang untuk mahasiswanya untuk itu diperlukan sebuah jaringan wi-fi dengan server sebgai penunjang.

KEAMANAN SISTEM INFORMASI EKSPLOITASI RPC PADA SISTEM OPERASI WINDOWS

abstraks:

Pada jaringan (network) terdapat berbagai macam protokol yang masing-masing memiliki
fungsi yang unik. Salah satunya adalah protokol Remote Procedure Call (RPC). Protokol
ini menyediakan suatu mekanisme komunikasi antar proses yang mengijinkan suatu program
untuk berjalan pada suatu komputer tanpa terasa adanya eksekusi kode pada sistem yang
jauh ( remote system ). Didalam protokol ini juga terdapat fungsi lain misalnya protokol
message, fitur RPC, dsb. Tiap-tiap fungsi ini terkandung pada tiga lapisan RPC yaitu
lapisan tertinggi, menengah, dan terendah. Tiap lapisan bersentuhan dengan bagian yang
berbeda pada sistem operasi. Implementasi protokol RPC meliputu sektor yang lebih kompleks,
mulai dari pemetaan port, bahasa yang digunakan pada pemprograman RPC dan
cara kerjanya.
Selain membahas mengenai protokol RPC, pada tugas kali ini akan dibahas mengenai
eksploitasi protokol RPC. Eksploitasi yang dimaksud adalah penyalahgunaan fungsi asli
protokol ini untuk kegiatan yang lain yang sifatnya merugikan pihak yang di remote.

Windows XP merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan dengan salah
satu keunggulannya yaitu user-friendly. Dibalik keunggulan tersebut, integritas sistem operasi
untuk berjalan pada aplikasi jaringan jauh tertinggal dibandingkan sistem operasi
lainnya seperti Linux atau Unix. Salah satu kelemahan sistem operasi ini yang banyak
digunakan para cracker dan juga hacker adalah protokol RPC ( Remote Procedure Call ).
RPC adalah suatu protokol yang menyediakan suatu mekanisme komunikasi antar proses

Visual Basic 6.0

abstraks:

Visual Basic 6 merupakan salah satu tool untuk pengembangan aplikasi yang
banyak diminati oleh orang. Di sini Visual Basic 6 menawarkan kemudahan dalam
pembuatan aplikasi dan dapat menggunakan komponen-komponen yang telah
disediakan. Untuk memulai Visual Basic 6 anda perlu menginstall Visual Basic 6.0.
Program ini biasanya dalam satu paket dengan Visual Studio 6.0.
Dengan menggunakan Visual Basic 6 kita bisa menghasilkan berbagai macam
jenis program. Dari aplikasi yang mengintegrasikan database, jaringan, office
automation, dan web application. Di sini kita akan membahasa dasar-dasar
pemrograman Visual Basic dengan sedikit tentang database.

Bab 1
Pengenalan Visual Basic 6

Visual Basic 6 merupakan salah satu tool untuk pengembangan aplikasi yang
banyak diminati oleh orang. Di sini Visual Basic 6 menawarkan kemudahan dalam
pembuatan aplikasi dan dapat menggunakan komponen-komponen yang telah
disediakan. Untuk memulai Visual Basic 6 anda perlu menginstall Visual Basic 6.0.
Program ini biasanya dalam satu paket dengan Visual Studio 6.0.
Dengan menggunakan Visual Basic 6 kita bisa menghasilkan berbagai macam
jenis program. Dari aplikasi yang mengintegrasikan database, jaringan, office

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN BIODATA MAHASISWA PADA FAKULTAS

abstraks:

Dalam era globalisasi dan teknologi dewasa ini, penggunaan komputer sebagai salah satu alat teknologi informasi sangat dibutuhkan keberadaannya hampir disetiap aspek kehidupan. Penggunaan perangkat komputer sebagai perangkat pendukung manajemen dan pengolahan data adalah sangat tepat dengan mempertimbangkan kuantitas dan kualitas data, dengan demikian penggunaan perangkat komputer dalam setiap informasi sangat mendukung sistem pengambilan keputusan. Dalam aktifitasnya membuat laporan pendataan mahasiswa Sub Bagian Pendidikan Fakultas MIPA belum menerapkan sistem komputerisasi secara optimal. Dalam menyajikan laporan tersebut penggunaan komputer hanya sebatas pengetikan seluruh data mahasiswa yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan menggunakan aplikasi Ms-Word dan Ms-Excel, sehingga didalam menghasilkan seluruh laporan yang akurat dan tepat relatif lama serta kurang lengkapnya laporan yang dihasilkan. Untuk itu penulis tertarik untuk mengembangkan sistem informasi manajemen khususnya dalam pendataan biodata mahasiswa dengan memanfaatkan suatu alat elektronik data processing yaitu komputer dengan cara merancang suatu perangkat lunak aplikasi pendataan biodata mahasiswa untuk membantu Sub Bagian Pendidikan Fakultas MIPA dalam memproses, mengolah data mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini berupa penelitian pustaka, penelitian lapangan yang berupa pengamatan langsung dan wawancara dengan sumber penulisan. Dalam penulisan ini penulis merancang suatu sistem dengan menggunakan beberapa file database. Dengan menggunakan sistem komputerisasi permasalahan di atas dapat dikurangi, selain itu dapat meningkatkan aktifitas manajemen serta menambah motifasi kerja khususnya dalam informasi biodata mahasiswa, sehingga data yang diperlukan dari mahasiswa yang berhubungan dengan biodata dapat diketahui dengan cepat.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam era globalisasi dan teknologi dewasa ini, penggunaan komputer sebagai salah satu alat teknologi informasi sangat dibutuhkan keberadaannya hampir disetiap aspek kehidupan.
Penggunaan perangkat komputer sebagai perangkat pendukung manajemen dan pengolahan data adalah sangat tepat dengan mempertimbangkan kuantitas dan kualitas data, dengan demikian penggunaan perangkat komputer dalam setiap informasi sangat mendukung sistem pengambilan keputusan.

Sistem Informasi Penjualan Barang Pada Catrock Distro

abstraks:

Pada Catrock Distro, pencatatan dan pengolahan data barang, jumlah dan harga barang, data para supplier, serta data transaksi penjualan masih dilakukan dengan menggunakan tulisan tangan. Kesulitan dalam mencatat dan menghitung banyaknya jenis barang, jumlah barang, maupun besarnya jumlah harga, mengakibatkan data yang diperoleh menjadi kurang akurat. Untuk meningkatkan keakuratan data, diperlukan pembangunan sistem informasi penjualan barang yang terkomputerisasi.
Sistem informasi penjualan barang ini dibuat dengan menggunakan software Borland Delphi 2005 sebagai pembuat interface utama dan Microsoft Access sebagai basis datanya. Program ini memungkinkan user untuk input data, edit data, hapus data, pencarian data, penyaringan data dan pencetakan data ke media kertas. Data yang diinputkan berupa data barang, data supplier, data jenis barang dan data penjualan barang. Sedangkan output yang dihasilkan sistem informasi ini berupa laporan data barang, laporan data supplier, data penjualan barang dan nota transaksi penjualan barang.
Sistem informasi penjualan barang ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah penjual dalam mengolah data penjualan barang, dan membuat laporan data barang, laporan data supplier, laporan penjualan barang, serta nota transaksi penjualan barang menjadi lebih mudah, cepat dan efisien.

Sistem Informasi Penjualan Barang Pada Catrock Distro

abstraks:

Pada Catrock Distro, pencatatan dan pengolahan data barang, jumlah dan harga barang, data para supplier, serta data transaksi penjualan masih dilakukan dengan menggunakan tulisan tangan. Kesulitan dalam mencatat dan menghitung banyaknya jenis barang, jumlah barang, maupun besarnya jumlah harga, mengakibatkan data yang diperoleh menjadi kurang akurat. Untuk meningkatkan keakuratan data, diperlukan pembangunan sistem informasi penjualan barang yang terkomputerisasi.
Sistem informasi penjualan barang ini dibuat dengan menggunakan software Borland Delphi 2005 sebagai pembuat interface utama dan Microsoft Access sebagai basis datanya. Program ini memungkinkan user untuk input data, edit data, hapus data, pencarian data, penyaringan data dan pencetakan data ke media kertas. Data yang diinputkan berupa data barang, data supplier, data jenis barang dan data penjualan barang. Sedangkan output yang dihasilkan sistem informasi ini berupa laporan data barang, laporan data supplier, data penjualan barang dan nota transaksi penjualan barang.
Sistem informasi penjualan barang ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah penjual dalam mengolah data penjualan barang, dan membuat laporan data barang, laporan data supplier, laporan penjualan barang, serta nota transaksi penjualan barang menjadi lebih mudah, cepat dan efisien.

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
Pada saat ini perkembangan informasi telah berkembang dengan sangat pesat, oleh karena itu sudah banyak pula perusahaan-perusahaan atau instansi-instansi yang menggunakan sistem informasi untuk meningkatkan usahanya.

Adaptive Online Mechanism Design in Single-valued Domains: An Ironing Approach

abstraks:

Adaptive online mechanism design has important applications in economics, electronic commerce and artificial intelligence. It addresses the general problem of implementing sequential decisions to allocate resources among self-interested agents in an unknown or unlearned online stochastic environment. In this senior thesis, we introduce the ironing algorithm as a solution for an adaptive online mechanism in single-valued domains to accomplish optimal social outcome that is not maneuverable by the participating agents, a property referred as truthfulness. We prove that ironing guarantees monotonicity, which entails truthfulness. Furthermore, we develop a full-fledged mechanism model by applying our ironing approach to an online optimization method, the consensus algorithm. Finally, we perform experimentation to investigate the effect of ironing on the system-wide outcome’s quality and computational cost, and the impact of different environment’s factors on ironing. We show that ironing is indeed needed to achieve truthfulness, but its effect is generally insubstantial.

Introduction

Mechanism design is an interdisciplinary research field that combines artificial intelligence,
economics and game theory. It focuses on implementing desirable global
outcomes for systems consisting of self-interested agents who have private information
[Jac01]. The system-wide decisions typically concern allocating some items to
and collecting payment from participating agents. Along with the emergence of electronic
commerce (e-commerce), mechanism design has acquired an increasingly important

Leave a comment




HOSTING MURAH